Tingkatkan Kualitas Produk 84.291 UMKM, Ini Strategi Telkom

Telkom hadir dengan program pembinaan yang menjadi bagian inisiatif Social Responsibility Center -Makansedap.id-PT Jamkrida Sulsel
JAKARTA, Makansedap.id – Senior General Manager Social Responsibility PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Hery Susanto menyatakan, Telkom hadir dengan program pembinaan yang menjadi bagian inisiatif Social Responsibility Center (SRC) Telkom.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu UMKM binaan Telkom agar bisa lebih baik, lebih maju, dan memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar.
Melalui program Go Modern, Telkom berkomitmen untuk berkontribusi dalam mendukung UMKM meningkatkan kualitas produknya agar dapat senantiasa memperkuat kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produknya.
Sepanjang 2024, Telkom konsisten melaksanakan program-program pembinaan di 31 wilayah Telekomunikasi (Witel) dan di 42 Rumah BUMN yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan total UMKM Binaan Rumah BUMN Telkom berjumlah 84.291 UMKM.
BACA JUGA:Tanjung Priok Macet Parah, Pemerintah Didesak Benahi Tata Kelola Pelabuhan
Salah satu program pembinaan yang dilakukan adalah Go Modern. Go Modern merupakan program pembinaan yang berfokus pada peningkatan kualitas produk.
Ada beberapa aktivitas pembinaan dalam program Go Modern, di antaranya gebyar sertifikasi, berbagai pelatihan, program nutrition fact, dan packfest.
Hasil akhir dari berbagai aktivitas pembinaan pada program Go Modern tersebut adalah Modern Market Ready berupa kurasi penempatan berbagai produk di Vending Machine.
“Saya jelaskan, Gebyar Sertifikasi merupakan tahapan dari program Go Modern yang dilakukan untuk membantu UMKM agar mendapatkan sertifikasi usaha dalam bentuk NIB, perizinan usaha dalam bentuk P-IRT, Informasi Nilai Gizi untuk dicantumkan dalam kemasan Packfest, dan Registered untuk HaKI bagi Brand UMKM,” kata Hery Susanto dalam keterangan resmi yang diterima Makansedap.id, Minggu, 20 April 2025.
BACA JUGA:Risiko Efisien Anggaran, Kemenpar dan PHRI Pusing Atur Strategi
Selanjutnya, Program Nutrition Fact, jelas Hery Susanto, adalah program inisiatif Telkom yang dirancang untuk memberikan informasi mengenai nilai gizi suatu produk makanan atau minuman.
Program ini, kata Hery Susanto, bertujuan untuk membantu konsumen membuat pilihan yang lebih sehat dengan menyediakan informasi yang jelas, akurat, dan mudah dipahami tentang kandungan gizi yang terdapat di dalam produk.
“Lalu, Packfest merupakan program yang ditujukkan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM melalui Improvement, Rebranding, Upgrading Kemasan Produk UMKM, dan diharapkan akan mampu mendorong peningkatan Pemasaran (Aspect to Commerce) bagi produk UMKM yang mengikuti program,” tutur Hery Susanto.
Sedangkan, Halalfest kata Hery Susanto, merupakan program yang mewajibkan UMKM binaan Telkom untuk memiliki sertifikat halal regular dengan fasilitator dan rangers sebagai penyelia halal bagi UMKM.